Jumat, 20 September 2019

Ingin Perusahaan Berkembang ? Yuk Pelajari Cara Membuat SOP


Pada setiap perusahaan, tentu membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi pada setiap elemennya. Panduan tersebut dinamakan SOP, dimana panduan ini dibuat khusus agar setiap kegiatan yang dilakukan perusahaan tetap terkontrol. Perusahaan yang ingin berkembang, harus memiliki SOP yang tepat sasaran. Berikut membuat bagaimana caranya pengertian SOP agar  target perusahaan terus berkembang.

Hal Penting dalam Penyusunan SOP
Menurut PERMENPAM Peraturan tentang SOP tahun 2008 menyebutkan bahwa pembuatan SOP harus memenuhi beberapa prinsip, yaitu kemudahan dan kejelasan, efisiensidan efektivitas, keterukuran, keselarasan, berorientasi kepada pegguna, dinamis,  kepatuhan terhadap hukum, dan kepastikan hukum. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyusun SOP tanpa melanggar anjuran PERMENPAN. Berikut ulasannya.

1. Membentuk Panitia Penyusun SOP
Sebelum mulai menyusun SOP, ada baiknya perusahaan membentuk sebuah tim atau panitia khusus untuk menyusun SOP perusahaan. Pengurus dalam Panitia penyusunan SOP terdiri dari pimpinan, kepala bagian, staff, dan karyawan. Karyawan diperlukan sebagai perwakilan untuk menyusun SOP  yang sesuai dengan bagian atau bidangnya masing masing. Kemudian, perusahaan dapat mencari cara membuat SOP yang sesuai dengan perusahaan.



2. Membuat Sasaran SOP
Sebelum menyusun SOP, hendaknya pikirkan dahulu siapa yang akan menjadi sasaran panduan tersebut. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, lantaran setiap elemen di perusahaan memiliki peran yang berbeda beda, sehingga SOP yang akan dibuat hendaknya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing masing. Dengan menargetkan sasaran yang tepat, akan memudahkan panitia untuk membuat dan menyusun panduan SOP.

3. Lakukan Wawancara dan Diskusi
Selama proses penyusunan SOP, panitia hendaknya sering berdiskusi dengan pimpinan perusahaan atau ketua organisasi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan saran dan dapat melengkapi panduan yang belum selesai. Panitia juga perlu melakukan wawancara kepada para karyawan perusahaan, agar mengetahui kebutuhan mereka selama bekerja. Cara membuat SOP ini dilakukan untuk mendapatkan saran dari para karyawan tentang pentingnya SOP.

4. Bekerjasama dengan Pakar SOP
Apabila panitia merasa kesulitan untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik, perusahaan berperan untuk menggunakan jasa para ahli SOP. Dengan bantuan para ahli, perusahaan dapat melahirkan panduan SOP yang lebih efektif dan sesuai dengan sasaran yang ditargetkan.  Selain itu,  bekerjasama dengan para ahli SOP dirasa dapat menambah wawasan bagi perusahaan agar dapat membuat panduan yang lebih baik lagi.

5. Sosialisasikan dan Adakan Pelatihan
Setelah panduan SOP sudah jadi, hendaknya lakukan pembahasan kembali dengan pihak pihak terkait sebelum disosialisasikan.Perusahaan dapat melihat apakah ada kesenjangan peraturan antara pihak satu dengan pihak lainnya. Setelah sosialisasi selesai, perusahaan perlu melakukan pelatihan khusus selama dua hingga tiga bulan. Apabila SOP berjalan lancar, maka perusahaan sudah berhasil menerapkan cara membuat SOP terbaik.

6. Evaluasi
Setelah SOP berjalan dengan lancar, bukan berarti masalah telah selesai. Perusahaan hendaknya terus memantau setidaknya setahun sekali apakah SOP berjalan sesuai dengan rencana. Perusahaan hendaknya meminta masukan atau saran dari para karyawannya tentang SOP yang telah berjalan. Jika panduan SOP dirasa kurang memenuhi, panitia harus melakukan revisi SOP yang lama.
Setiap perusahaan tentu menerapkan panduan SOP agar dapat membantu perusahaan untuk terus berkembang. Tujuan pembuatan SOP sendiri adalah untuk memberikan kemudahan bagi para pelaksana tugas. SOP dapat dibuat sesederhana mungkin, sehingga mudah dipahami oleh karyawan. Untuk mendapatkan SOP terbaik, hendaknya dibuat sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada pada perusahaan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ingin Perusahaan Berkembang ? Yuk Pelajari Cara Membuat SOP
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.