Senin, 01 Oktober 2018

Hindari Pembelian yang Merugikan dengan Mengenal Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler


Sifat manusia yang sering membanding-bandingkan sesuatu memang tak jarang membawa dampak positif. Mungkin sifat ini kurang tepat untuk diterapkan pada anak-anak. Tapi ketika Anda akan melakukan pembelian, maka membanding-bandingkan produk akan menjadi hal yang diperlukan. Mengapa demikian? Sebab dengan membanding-bandingkan, kita akan mendapatkan produk yang terbaik dan tepat untuk kebutuhan. Nah saat akan membeli perangkat pendingin ruangan seperti Air Conditioner (AC) atau air cooler, Anda juga perlu membanding-bandingkannya. Caranya Anda harus memahami perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Untuk mengenal perbedaan AC dan air cooler, kita bisa menjabarkannya dari banyak sudut pandang. Jadi mari kita bahas secara detail keseluruhan kedua produk pendingin ruangan ini. Pertama, kita bisa membedakannya dari definisi dan cara kerjanya. Secara definisi, air conditioner adalah perangkat elektronik yang mampu menurunkan temperatur udara di suatu ruangan secara cepat dengan dukungan beberapa senyawa. Jadi udara panas yang diserap oleh kipas nantinya akan diteruskan ke kumparan yang mengandung senyawa seperti klorofluorkarbon (CFC), perfluorokarbon (FC) dan hidroklorofluorkarbon (HCFC). Nah di kumparan inilah proses pendinginan udara dilakukan melalui tahap konversi dalam wujud proses kondensasi. Seteleh diperoleh udara dingin maka akan diteruskan ke ruangan. 

Sementara itu air cooler adalah produk yang memiliki kemampuan meningkatkan kelembaban udara sehingga kemudian ruangan terasa lebih sejuk. Untuk meningkatkan kelembaban udara ini, air cooler memanfaatkan air dingin atau es yang ada pada tangki. Jadi air dingin yang ada pada tangki ini oleh air cooler diubah menjadi uap untuk kemudian disemprotkan ke ruangan. Jadi bisa dibilang kemampuan air cooler ini sangat bergantung pada keberadaan air dingin di tangki.
Berikutnya, mari kita membedakan air conditioner dan air cooler ini dari kelebihan dan kekurangannya. Sebab dari pembahasan ini maka Anda akan lebih bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang air conditioner dan air cooler. Kita mulai saja pembahasan ini dari kelebihan pada air conditioner, yakni :

  •     Mampu menghasilkan udara dingin yang benar-benar terasa dan berkualitas.
  •     Untuk mendinginkan udara di sebuah ruangan, air conditioner akan bekerja dengan cepat dibanding produk lain.
  •     Tidak terpengaruh dengan efek buruk kelembaban walau dinyalakan terus-menerus.
  •     Bisa digunakan terus-menerus tanpa harus melakukan isi ulang air dingin di dalam tangki seperti pada air cooler.
  •     Dengan remote control maka temperatur yang dihasilkan air conditioner bisa diatur sesuai selera.
  • Namun dibalik kepopuleran air conditioner ini, produk pendingin ruangan ini juga menyimpan beberapa kekurangan, antara lain :
  •     Banderol harganya terbilang mahal dibanding produk pendingin ruangan lainnya.
  •     Membutuhkan pemakaian yang mencapai 500 watt sehingga akan menjadikan tagihan bulanan listrik Anda membesar.
  •     Perawatannya cukup sulit dan membutuhkan bantuan orang lain (ahli jasa service AC). Dari sini maka Anda pun juga perlu menyisihkan dana untuk hal ini.
  •     Saat sudah dipasang di satu ruangan maka akan sulit untuk dipindah-pindahkan lagi.
Sementara itu untuk air cooler, produk ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari air cooler sendiri adalah :
  •     Banderol harganya tidak semahal air conditioner.
  •     Konsumsi listriknya hemat yakni hanya sebesar 80-110 watt saja.
  •     Perawatannya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.
  •     Sifatnya portabel, sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan sesuai keinginan dan selera.
  • Sama seperti air conditioner, air cooler juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu :
  •     Untuk mengubah udara panas menjadi lebih sejuk, air cooler membutuhkan waktu yang lama.
  •     Pemakaian air coller ini tergantung pada air dingin yang ada pada tangki, sehingga Anda harus sering mengecek persediaannya.
  •     Saat air cooler ditempatkan pada ruangan tertutup dengan sirkulasi yang tidak baik serta digunakan terus-menerus maka akan menciptakan efek buruk kelembaban, salah satunya penyakit.
Itulah beberapa perbedaan air cooler dan air conditioner yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan pembelian. Semoga dengan penjelasan ini kita bisa paham bedanya air cooler dan air conditioner dan pada akhirnya dapat membeli produk yang tepat dan sesuai. Dan juga semoga dengan pembahasan ini kontroversi air cooler vs air conditioner tak lagi membuat Anda bimbang atau bingung.

Bagikan

Jangan lewatkan

Hindari Pembelian yang Merugikan dengan Mengenal Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.