Sabtu, 25 Februari 2017

Cara Membersihkan Botol Susu yang Baik Sehingga Tetap Steril

Cara membersihkan botol susu harus tepat dan mengupayakannya tetap steril. Sebab, botol susu bayi merupakan komponen yang penting dan bisa mempengaruhi kesehatan bayi. Sehingga, Anda perlu mengetahui apa saja yang diperhatikan saat mencuci botol dan bagaimana cara menghindarkannya dari bakteri.
Meski kelihatannya bersih, belum tentu higienis dan terhindar dari kuman bakteri. Sebaiknya Anda membersihkannya sendiri untuk memastikan botol tersebut benar-benar aman untuk bayi Anda. Nah, berikut ini kami bagikan langkah-langkah mencuci botol susu bayi agar bersih dan steril. Simak yuk!
Gunakan sabun cair khusus
foto:okezone.com

Cara membersihkan botol susu bayi yang paling tepat adalah menggunakan sabun cair khusus untuk botol susu. Sebab, sabun colek atau sabun detergen atau sabun mengandu zat yang tidak aman untuk kesehatan si kecil. Jadi, sebaiknya dihindari pakailah sabun cuci peralatan bayi. Tak usah ragu dengan harga yang mahal jika dibandingkan dengan kesehatan bayi kecil Anda.
Air mengalir
Setelah memilih sabun cair yang tepat, mencuci menggunakan air mengalir adalah cara membersihkan botol susu bayi. Jika menggunakan air tandon dikhawatirkan telah tercemar oleh kuman atau bakteri. Air mengalir lebih bisa membersihkan botol secara maksimal dan membuang sisa sabun dengan baik.
Proses sterilisasi
Setelah proses mencuci selesai, selanjutnya ke proses strelisasi. Cara membersihkan botol susu dengan proses sterilisasi adalah meredam semua bagian botol ke dalam air hangat yang baru direbus. Langkahnya, rebus air sampai mendidih. Matikan kompor dan angkat airnya. Biarkan selama 5-10 menit dan masukkan semua komponen botol. Tutup panci agar uapnya terjaga, biarkan terendam beberapa menit. Lalu angkat semua bagian botol.
Pengeringan
Berikutnya keringkan bagian-bagian dari botol secara alami. Setelah Anda mengangkat dari proses sterilisasi, keringkan botol susu bayi dengan mendiamkannya di tempat yang besih dan higienis, biarkan kering sendiri. Tapi kalau memerlukannya segera, pastikan lap atau tisu untuk membersihkannya steril agar tidak membahayakan si kecil.
Ada yang menganjurkan kalau membersihkan dan mensterilkan botol susu hendaknya dilakukan dua kali sehari. Oleh karena itu, Anda harus memiliki botol susu bayi lebih dari satu. Apabila yang satu dibersihkan maka, bisa memakai botol yang lainnya.
Demikianlah cara membersihkan botol susu bayi agar tetap steril dan aman untuk kesehatan bayi kecil Anda. Jangan malas melakukan apa yang bisa membuat si kecil sehat ya!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membersihkan Botol Susu yang Baik Sehingga Tetap Steril
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.